Senin, 26 Desember 2011

Wortel Berkhasiat Mencegah dan Mengatasi Kanker

Warnanya yang terang menyebabkan wortel (Daucus carota) mudah dikenali. Sayuran yang selalu dikaitkan dengan kelinci ini, dikenal masyarakat sebagai sebagai tanaman yang dapat mencegah timbulnya penyakit pada mata. Padahal manfaat wortel sebagai obat cukup banyak, tidak hanya terbatas pada penyakit yang berhubungan dengan mata.

Wortel Berkhasiat Mencegah dan Mengatasi Kanker www.ramuantradisional.com

Meskipun banyak manfaatnya, namun wortel tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kulit berwarna kuning. Apabila ini terjadi, hentikan mengonsumsi wortel sampai badan kembali normal.

Memang wortel telah diakui secara luas dapat mengatasi munculnya rabun senja. Mereka yang teratur mengonsumsi wortel baik dengan meminum air rebusannya maupun makan wortel mentah, terbukti mempunyai kondisi mata yang baik.

Wortel adalah tanaman sayuran yang tumbuh di dataran tinggi pegunungan. Dari keseluruhan tanaman yang mempunyai tinggi antara 30-60 cm ini, umbinya yang berwarna jingga yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran.

Setiap umbi wortel mengandung antara lain air, protein, lemak, abu, kalsium, karbohidrat, serat kasar, fosfor, besi, vitamin A, B dan C, asam nikotinat dan asam amino. Sedangkan daun dan kembang wortel mengandung antara lain antosianidin, kuersetin dan kamperterin.

Selain baik bagi mata, wortel berkhasiat mencegah dan mengatasi kanker kulit dan payudara serta leukemia, tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, alergi kulit, hepatitis, radang, gangguan sirkulasi darah, campak, demam, sakit lambung, sakit usus, cacar, bronchitis, cacingan, luka bakar, beri-beri, tumor dan menurunkan kolesterol. Berikut sejumlah ramuan dari sekian banyak ramuan obat tradisional yang menggunakan wortel sebagai bahannya:

Kanker: Wortel secukupnya dibuat jus. Minum air jus wortel ini setiap hari sebanyak satu gelas. Untuk menghindari rasa bosan, jus wortel dapat dicampur dengan semangka atau tomat.

Tekanan darah tinggi: 500 gram wortel dihaluskan, kemudian tambahkan air secukupnya. Setelah disaring, minum air saringan wortel tersebut tiga kali sehari.

Hepatitis: 120 gram tangkai wortel kering, 50-150 gram rambut jagung dan 60 gram akar alang-alang. Bagi yang tidak mempunyai tangkai wortel kering dapat diganti dengan 250 gram tangkai wortel segar. Rebus seluruh bahan dengan dengan menggunakan air secuikupnya. Minum air rebusan dua kali sehari.

Demam: 200 gram wortel dibersihkan, lalu diparut dan diperas. Air perasan direbus dan diberikan kepada penderita.

Batuk: 200 gram wortel dan 12 buah kurma direbus dengan 600 cc air. Biarkan air rebusan sampai tersisa setengahnya. Air rebusan diminum, sedangkan wortel serta kurmanya dapat dimakan.

Gangguan pencernaan: Wortel, gula merah dan air teh dimasak, lalu diminum. Cara lain, wortel dan bawang merah direbus, lalu diminum.

Melancarkan peredaran darah: 100 gram wortel dan 100 gram seledri dibuat jus. Air jus kedua sayuran ini kemudian diminum, setiap hari cukup satu gelas saja.

Apabila semua ramuan herbal ini digunakan secara teratur, insya Allah penyakit yang Anda derita dapat segera sembuh.
»»  Lihat Selengkapnya...

Kamis, 22 Desember 2011

Asam Urat Bisa Diobati dengan Ramuan Daun Salam

Asam Urat Bisa Diobati dengan Ramuan Daun Salam www.ramuantradisional.com
Daun Salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur. Pohon salam (Syzygium polyanthum) yang biasa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter.

Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek.

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat:
Rempah, Rimpang, dan Umbi, pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit
batang, akar, dan buah.

Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

Mengatasi radang lambung, 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.

Untuk obat diare, 7 lembar daun salam direbus dengan 200 cc air selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Ramuan lainnya, 7 lembar daun salam, 10 lembar daun jambu biji, 10 gram jahe, dan 1 buah kulit delima putih, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan 200 cc air matang, disaring, lalu diminum.

Mengatasi gatal-gatal, daun atau kulit batang atau akar dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

Sebagai obat kencing manis, 7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari.
»»  Lihat Selengkapnya...

Mudah Obati Panu dengan Ramuan Tradisional

Pernah terkena penyakit kulit panu? Ya, panu, penyakit kulit yang berwarna agak keputihan. Panu kebanyakan dijumpai di daerah tropis, Infeksi Jamur adalah faktor utama timbulnya panu. Panu bersifat menular dan menimbulkan gatal bila sedang berkeringat, dan menimbulkan efek pada kulit luar.
Mudah Obati Panu dengan Ramuan Tradisional www.ramuantradisional.com
Selain bisa diobati dengan obat krim yang dijual bebas di apotik-apotik, tapi panu juga bisa disembuhkan juga dengan ramuan tradisional.
1. Lengkuas
Potong satu ujung lengkuas yang masih segar, lalu celupkan pada bubuk belerang kemudian digosokan pada kulit yang terkena panu atau kudas. Lakukan rutin dua kali sehari.
2. Tembakau
Tembakau tak hanya dipakai untuk rokok, tembakau ternyata bisa juga menyembuhkan panu. Tumbuk halus satu lembar daun tembakau, kemudian dioleskan pada kulit yang terserang panu atau kudas. Lakukan secara teratur dua kali dalam satu hari.
3. Bawang putih dan Daun Jinten
Ambil tiga butir bawang putih dan lima lembar daun jinten, lala ditumbuk halus. Beri minyak kelapa secukupnya, aduk hingga merata. Oleskan pada kulit yang terkena panu dan atau kudas. Oleskan dua kali sehari.
»»  Lihat Selengkapnya...

Berbagai Ramuan Obat Gatal Kulit

Berbagai Ramuan Obat Gatal Kulit www.ramuantradisional.com
Penyakit gatal reaksi yang terjadi pada kulit akibat terserang gigitan serangga atau jamur. Akibat yang kedua dapat menyerang kulit, terutama pada bagian yang tersembunyi, seperti mulut, lengan, kemaluan, ketiak, sela-sela jari tangan dan kaki, lipatan paha, selangkangan dan tempat-tempat yang lembab lainnya.

Tentu saja jika terkena gatal di kulit, kematian sih tidak tapi penderitaan yang akan terjadi. Adakah obat tradisional untuk itu?

Kami mengumpulkan beberapa ramuan tradisonal untuk gatal di kulit, silahkan dilihat dan pilih salah satu dari apa yang ada di bawah ini :

Ramuan Obat Herbal Gatal gatal 1:
Kulit Labu Bligo (labu tangkua) direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya digunakan untuk mandi.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional Gatal gatal 2:
1-2 lembar daun Biduri dicuci bersih, permukaannya dioleskan dengan minyak Kelapa, lalu layukan diatas api.
Pemakaian : Tempelkan di bagian yang gatal.

Ramuan Obat Tradisional Gatal gatal 3 :
Seluruh tanaman Leunca digiling hingga halus kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional Gatal gatal 4 :
Cuci bersih 20 gram batang dan daun Kentut segar, lalu digiling halus.
Pemakaian : Tempelkan di bagian yang gatal.

Ramuan Obat Herbal Gatal gatal 5:
Cuci bersih 1 lembar daun Keji Beling segar. Gosokkan di bagian yang gatal sampai daun hancur dan mengeluarkan air.
Pemakaian : 2 kali setelah berselang 2 jam.
Cuci bersih daun Mimba, lalu remas-remas hingga hancur.
Pemakaian : balurkan pada bagian yang gatal.

Ramuan Obat Tradisional Gatal 6:
15 gram Temu hitam, 15 gram Temu kunci, dan 15 gram Kunyit dihaluskan, kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.
»»  Lihat Selengkapnya...

Selasa, 20 Desember 2011

Ramuan Tradisional Lidah Buaya untuk Melembabkan Kulit Kering

Ramuan Tradisional Lidah Buaya untuk Melembabkan Kulit Kering
Memiliki tipe kulit kering memang membuat Anda tak mudah berjerawat. Namun, jika tak dijaga kelembabannya kulit akan mudah terlihat kusam. Belum lagi, risiko munculnya keriput juga jadi lebih cepat.

Secara teratur menggunakan krim pelembab memang bisa dijadikan 'senjata' untuk perawatan kulit kering. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan tanaman lidah buaya, untuk diolah jadi pembersih wajah yang sangat cocok untuk kulit kering.

Kandungan antrakuinon dan asam amino pada lidah buaya diketahui sangat bermanfaat dalam regenerasi sel kulit. Terdapat juga senyawa antiinflamasi, antijamur dan antibakteri yang bisa membuat kulit terhindar dari masalah peradangan.

Seperti dilansir dari totalbeauty.com, Anda bisa membuat sendiri pembersih dari lidah buaya. Untuk membuatnya, siapkan saja bahan-bahan berikut :
- 30ml gel aloe vera
- 50ml minyak zaitun
- 30ml air mawar
- 4 tetes minyak mawar esensial

Cara membuat :
Campurkan semua bahan dalam food processor. Pastikan semua bahan tercampur merata. Setelah itu masukkan dalam botol kecil dan simpan dalam lemari es. Sebelum menggunakan, sebaiknya dikocok dahulu.

Untuk menggunakannya, basahi dulu wajah dengan air. Lalu, aplikasikan campuran lidah buaya tersebut pada wajah sambil berikan pijatan perlahan, selama sekitar tiga menit. Setelah itu bilas dengan air untuk membersihkannya.
»»  Lihat Selengkapnya...

Selasa, 13 Desember 2011

Obat Ramuan Tradisional untuk Kista

Obat Ramuan Tradisional untuk Kista

Penyakit Kista merupakan penyakit yang menyerang kaum perempuan. Kista sendiri merupakan benjolan yang berisi cairan yang berada di indung telur. Penyakit ini merupakan penyakit tumor jinak, karena kebanyakan penanganannya tidak melalui operasi besar. 

Penyakit kista juga dapat dikatakan penyakit degeneratif atau keturunan. Jika orang tua atau nenek anda pernah menderita penyakit kista atau mioma, maka dapat dipastikan anda termasuk salah satu keturunan pembawa sifat penyakit kista. Obat penyakit kista bisa dilakukan dengan cara membuat ramuan tradisional. Salah satunya ramuan tradisional berikut ini.

Bahannya :
- 30 gram daun mahkota dewa segar 
- 50 gram temu mangga 
- 5 gram daging buah mahkota dewa kering, 

Caranya :
Semua bahan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum untuk dua kali sehari, setiap kali minum 200 cc. Lakukan secara teratur, dan tetap konsultasi ke dokter.
»»  Lihat Selengkapnya...